LWx9MaZ5NaxbMWxbLGZ7Nat8MmMkyCYhADAsx6J=

Madrasah Hebat Bermartabat

MADRASAH HEBAT BERMARTABAT
MASIGNCLEANSIMPLE101

Username Dan Password Akun Aplikasi Rapor Digital (ARD) Semester Genap TP 2018/2019

Aplikasi Rapor Digital atau yang biasa disingkat ARD merupakan aplikasi rapor digital berbasis online yang dikenalkan oleh Direktorat Jenderal KSKK pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2018/2019 yang lalu.

Walau dalam Surat Edaran diinformasikan bahwa ARD ini wajib dikerjakan, ternyata masih banyak madrasah yang belum menuntaskannya.

Dan akhirnya, tahun ini KSKK kembali memunculkan ARD Versi 2.0 untuk Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Sedikit berbeda dengan pendahulunya, ARD sekarang menggunakan Virtual Desktop Infrastructure atau VDI yang biasa digunakan untuk UN-BK pada jenjang MTs dan MA. Otomatis untuk jenjang MI yang menggunakan ARD Versi 2.0 ini pun harus belajar mengenai VDI, Virtual Box dan lain sebagainya.

Untuk Username dan Password ARD pada semester seelumnya, sudah banyak dibahas diberbagai media informasi. Yakni menggunakan:
Username: NSM
Password: pengguna
Dan untuk ARD Versi 2.0 semester ini, berbeda. Bahkan tiap madrasah berbeda juga. Mengutip informasi yang ada pada halaman awal ARD, bahwa ada tahapan-tahapan yang harus dilakukan Admin Madrasah untuk mendaftarkan madrasahnya pada ARD. Yaitu:
1. Daftar Melalui Online
Melakukan registrasi online pada menu "Registrasi" lalu cetak Bukti Registrasi Online
2. Tunggu Validasi Melalui E-Mail
Tunggu validasi melalui email > sekaligus informasi username dan password serta link download
3. Login Akun
Login akun untk melihat status registrasi dan sinkron rapor ke pusat




Untuk saat ini link registrasi akun ARD belum ada di web ARD. 

Setelah melakukan langkah 1-2 diatas, maka admin madrasah bisa cek email yang didaftarkan sebelumnya dan akan mendapatkan email seperti dibawah ini. Email ini akan otomatis masuk pada email yang sudah didaftarkan, jadi untuk admin madrasah agar memperhatikan betul-betul isian pada form registrasi nantinya.



Dalam email aktivasi, tampilannya akan seperti ini. Yang memberitahukan bahwa pusat sudah memverifikasi data yang dikirimkan, dengan tercantumnya Nama Madrasah, NPSN Madrasah dan NMS Madrasah sesuai dengan yang terisi pada form pendaftaran. Tentunya akan ada Username dan Password yang bisa digunakan untuk Log In pada Aplikasi Rapor Digital ini.



Sebelum Log In, pastikan admin madrasah sudah klik tautan paling bawah yang berwarna biru "Download Aplikasi ARD" yang berisi VDI dan jangan lupa untuk menginstal Virtual Box untuk melengkapi aplikasinya.

Terimakasih.

Nb. Untuk saat ini sudah ada beberapa wilayah yang menyebarkan tautan google form khusus untuk wilayah masing-masing. Gunanya untuk mengumpulkan data madrasah sesuai dengan form registrasi pada ARD, dan bisa didaftarkan secara serentak agar segera mendapatkan Username dan Password. Apabila wilayah teman-teman ada yang belum, mohon bersabar dan ditunggu info lanjutan dari admin masing-masing. 


Share This Article :
Anonim

avatar

Kami sdh dpt email aktifasi tp blm bs login, knp ya?

11 Mei 2019 pukul 21.34
avatar

dmn link daftarnya ? mohon petunjuk

13 Mei 2019 pukul 00.43
avatar

daftarnya dari link mana ya?

13 Mei 2019 pukul 10.36
avatar

Untuk Link pendaftaran akun ARD, silahkan ditanyakan ke masing-masing admin kemenag kab/ko atau HD kanwilnya. Karena yang registrasi nanti admin masing2 wilayah

14 Mei 2019 pukul 07.12
avatar

sya telah mengganti sandi dg yg baru. skrng sya lupa sandinya, bagaimana yh solusinya ?

27 November 2019 pukul 07.02
avatar

untuk cek akun lewat NPSN Madrasah link yg dipakai mana.?

20 Maret 2020 pukul 14.57
8747083724729063856