LWx9MaZ5NaxbMWxbLGZ7Nat8MmMkyCYhADAsx6J=

Madrasah Hebat Bermartabat

MADRASAH HEBAT BERMARTABAT
MASIGNCLEANSIMPLE101

Pendataan Pangkalan Data Ujian Madrasah (PDUM) Jenjang MI Tahun 2019-2020

OPPMI Tahun Pelajaran 2019-2020 merupakan tahun pertama bagi Madrasah Ibtidaiyah untuk menggunakan aplikasi Pangkalan Data Ujian Madrasah atau yang biasa disingkat PDUM. Untuk jenjang MTs dan MA, PDUM sendiri sudah digunakan pada tahun pelajaran sebelumnya. 

PDUM sendiri memiliki alamat url http://sikurma.kemenag.go.id/pdum/ dengan username dan password yang didapat dari Admin PDUM Kantor Wilayah Kementerian Agama masing-masing Provinsi, yang biasanya dibagikan lagi oleh Admin Kantor Wilayah Kementerian Agama masing-masing Kabupaten. 

Tampilan awal PDUM
Tampilan setelah berhasil masuk PDUM

Setelah berhasil masuk PDUM, proktor akan langsung mendapatkan notifikasi seperti gambar diatas. Yakni Jadwal Upload Data Siswa di PDUM sesuai dengan Provinsi maisng-masing. Jadwal ini sudah ditentukan oleh Admin PDUM Pusat, dan pembagiannya adalah:
  • Senin : Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan DKI
  • Selasa: Bali, NTB, NTT, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Banten dan Jogjakarta
  • Rabu  : Jawa Barat
  • Kamis: Jawa Tengah
  • Jum'at: Jawa Timur
Jadwal ini berlaku selama proses Upload Data Siswa, yang menurut informasi akan berakhir pada 31 Januari 2020.


Pada PDUM, terdapat 5 langkah pengerjaan yang harus diselesaikan oleh proktor madrasah, dan harus berurutan. 

Langkah 1: Lengkapi data Operator pada link http://pdum.argocipta.com/admin/user


Perhatikan tanda * sebagai mandatory yang wajib diisi. Email wajib diisi sebagai alamat konfirmasi password jika terjadi reset password (karena lupa dan lain sebagainya). 

Langkah 2: Lengkapi Data Madrasah pada link http://pdum.argocipta.com/admin/school



Jika terdapat salah informasi, silakan diedit, termasuk titik lokasi madrasah. Jika terjadi kesalahan letak kabupaten / kota madrasah, hubungi Kanwil Provinsi untuk perubahan data, jika terjadi kesalahan letak provinsi, hubungi Admin Pusat untuk perubahan data. Kelengkapan data di form Pelaksanaan UAMBN 2019/2020 harus disi, Zona Waktu adalah zona waktu di wilayah madrasah Anda, pastikan dari awal madrasah Anda melaksanan UAMBN melalui BK atau KP, dan pastikan pelaksanaan apakah Mandiri atau Bergabung (Akreditasi/Non). Untuk yang bergabung, sebelum diisi pastikan terlebih dahulu kesediaan madrasah pelaksana.

Langkah 3: Upload Data Siswa pada link http://pdum.argocipta.com/admin/student/upload



Isi data siswa/peserta UAMBN Anda sesuai dengan format yang telah disediakan. Semua kolom harus diisi dan harus benar, kecuali kolom jurusan untuk jenjang MTS dikosongkan. Upload berulang-ulang masih diizinkan sampai batas waktu yang akan diumumkan selanjutnya. Upload berulang akan menghapus dan menimpa data siswa sebelumnya yang sudah diupload. Kolom Sesi dan Server wajib diisi, untuk madrasah bergabung silakan koordinasi langsung dengan madrasah pelaksana dalam menentukan sesi dan server agar data dapat diisi lengkap. 

Langkah 4: Pengecekan Data Siswa pada link http://pdum.argocipta.com/admin/student



Silakan cek kembali data siswa yang telah diupload, jika ada yang masih belum lengkap silakan untuk mengupload ulang ataupun diedit satu-satu dari aplikasi PDUM. Pengeditan termasuk metode UAMBN per siswa (BK/KP) dengan kondisi tertentu sehingga harus berbeda metode pelaksanaan UAMBN-nya. Photo siswa juga harus dimasukkan manual satu per satu untuk kelengkapan data Kartu UAMBN.

Langkah 4: Cetak Kartu pada link http://pdum.argocipta.com/admin/student/card



Direkomendasikan menggunakan browser Chrome (versi terbaru) untuk melakukan cetak kartu siswa. Setelah Langkah 5 selesai, maka proses PDUM untuk proktor selesai.

Semua tahapan ini harus dilakukan secara berurutan dan sesuai jadwal. Jika tidak, maka akan mempengaruhi data yang diinput pada PDUM. Pastikan data dan pengisian sudah benar, karena data yang masuk akan dipakai untuk penentuan kebutuhan pesanan blanko Ijazah Madrasah.

Share This Article :
Anonim

avatar

maaf mau tanya
untuk menu cetak pada PDUM masih keluar tulisan "No matching records found"
padahal data siswa sudah lengkap beserta fotonya pun sudah d upload semua

apakah untuk cetak kartunya itu menunggu pemberitahuan lebih lanjut atau bagaimana yaa ?

untuk perhatiannya disampaikan terima kasih

17 Januari 2020 pukul 03.55
8747083724729063856